You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Hari Lahir Kota Jakarta Diseminarkan
Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni rupanya masih menjadi pro dan kontra bagi sebagian kalangan. Hal itu setidaknya mengemuka dalam seminar tentang lahirnya Kota Jakarta yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebud.
photo doc - Beritajakarta.id

Hari Lahir Kota Jakarta Diseminarkan

Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni rupanya masih menjadi pro dan kontra bagi sebagian kalangan. Hal itu setidaknya mengemuka dalam seminar tentang lahirnya Kota Jakarta yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta di salah satu hotel berbintang di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/12).

Namun, hari lahirnya Jakarta itu sudah disepakati sejak era kepemimpinan Walikota Jakarta Sudiro

Dosen Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI), Mu'jizah yang menjadai salah satu pembicara dalam seminar tersebut menuturkan, penelusuran sejarah selalu memunculkan kontroversi. Termasuk soal hari lahir Kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni.

         

Pesta Malam Muda Mudi Hasilkan 20 Ton Sampah

"Bisa saja ada dekonstruksi atau gugatan dari masyarakat tentang kebenaran hari lahirnya Kota Jakarta.  Namun, hari lahirnya Jakarta itu sudah disepakati sejak era kepemimpinan Walikota Jakarta Sudiro, berlangsung 486 tahun. Kalau mau dikritisi perlu ada kajian lagi," ujar Mu’jizah.

Pada kesempatan itu, pengamat perkotaan, Amir Hamzah mengatakan, meskipun tanggal 22 Juni 1527 sudah ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Jakarta berdasarkan keputusan DPR Sementara Kota Jakarta Nomor 6/D/K/1956, namun belakangan muncul pendapat dan aspirasi yang meragukan hari lahir tersebut.

"Pendapat dan aspirasi yang didukung hasil penelitian secara ilmiah tentu harus mendapat perhatian Pemprov DKI," kata Amir.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1022 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye950 personAldi Geri Lumban Tobing